Jumat, 16 Januari 2015

R & D METODE KARYA TULIS UNTUK GURU SMK

RnD-2013R & D singkatan dari Research And Development adalah metode penelitian dan pengembangan yang termasuk dalam kategori penelitan “need to do” yaitu penelitian yang hasilnya digunakan untuk membantu pelaksanaan pekerjaan, sehingga kalau pekerjaan tersebut dibantu dengan produk yang dihasilkan dari R&D  maka akan semakin produktif, efektif dan efisien. Oleh karena itu  metode penelitian dan pengembangan (R&D) ini digunakan apabila peneliti bermaksud untuk menguji produk tertentu yang sudah ada, mengembangkan produk tertentu, dan menemukan produk tertentu yang lebih efektif, baru dan original.. Metode penelitian dan pengembangan (R&D) adalah termasuk dalam metode penelitian kombinasi modelsequential /berurutan, demikian yang saya kutif dari paper Prof. Dr. Sugiyono yang disampaikan pada Bimtek Lomba Karya Tulis Ilmiah Inovasi Pembelajaran Bagi Guru Produktif SMK tahun 2013.


Sebagai guru SMK saya merasa tertantang melakukan penelitian dengan  metode R & D ini, Berawal dari penugasan untuk mengikuti Bimtek bagi pembimbing Lomba Karya Ilmiah Remaja Untuk Peserta Didik SMK pada pertengahan Oktober 2013. Panita dari Direktorat Pembinaan SMK “menyindir” untuk menjadi Pembimbing Karya Tulis harus diberikan contoh oleh Para Pembimbingnya sendiri. Kemudian Pantia menyampaikan ada pelaksanaan lomba Karya Tulis untuk para Guru SMK hanya batas waktu pengajuan proposalnya tinggal 1 (satu) minggu lagi. waduh…? mungkin ngak ya? ah.. coba dulu baru tahu akan kegagalan,  dan..jreeengg…. jadilah Karya Tulis itu kemudian dikirimkanlah proposalnya.
Alhamdulilah… Porposal masuk diantara 300 proposal Guru SMK se Indonesia yang disetujui. Ternyata dari Kabupaten Karawang hanya Saya sendiri.!
Singkat cerita laporan Karya Tulis pun selesai dan kembali dilaporkan ke Direktorat, hasilnya? Alhamdulilah kembali Lolos menjadi salah satu Finalis diantara 60 Peserta Finalis. Pengalaman awal yang membahagiakan karena bisa bertemu dengan para Penulis dan Peneliti Hebat Guru SMK se Indonesia.
Luar Biasanya Para Penguji presentasi Karya Tulis adalah para Doktor dan Porfesor yang ahli di Bidangnya, ini mengingatkan Saya saat di uji Sidang Tesis program magister.
Juara bukanlah Tujuan, Juara adalah ekses dari suatu proses. Saya hanya bisa berpose bersama dengan sang Juara dari SMKN 1 Batam, karena Beliau memang Luar Biasa dan sangat inspiratif serta lagganan jawara bukan hanya di dalam negeri melainkan juga sampai ke Luar Negeri !  masuk sebagai Finalis saja mendapatkan bantuan penelitian dan apresiasi finalis mencapai Rp. 10 Juta ! Alhamdulilah…. akhirnya saya bisa membeli Laptop dan Printer warna Baru. Saya Bangga menjadi Guru, Guru yang kreatif dan inspiratif tentunya. :)
1454828_10202434608336847_874745825_nSemangat melakukan penelitian R&D tetap saya lakukan meskipun tanpa ada perlombaan. Perlombaan hanyalah salah satu motivasi untuk berkarya. Berkarya setiap waktu setiap saat akan menjadi indah dan menyenangkan dan tidak perlu lagi kebingungan saat ada Lomba berikutnya.
Ini cara Saya dengan pemanfaatkan peralatan Elektonik yang sudah dianggap “sampah”, seperti Printer rusak. Dengan sentuhan inovasi printer rusak ini bisa dimanfaatkan untuk menunjang praktikum teknik kendali (controling) dengan kendali oleh PLC (programmable logic control).  Jadi tidak ada lagi alasa untuk berkarya, berkreasi dan berinovasi karena SMK BISA !
BENQ DC C1420BENQ DC C1420BENQ DC C1420BENQ DC C1420
RnD-2014
Bagi Sahabat yang membutuhkan materi karya Tulis R&D bisa di unduh di bawah ini yang saya simpan di server 4shared. pesan inspiratif “TERUSLAH MENJADI GURU YANG MENGINSPIRASI”. selamat Ulang Tahun Guru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar