Senin, 02 Februari 2015

Membangun Server Elearning Sebagai alternatif tidak ada koneksi internet


Sahabat inspiratif, lama Saya tidak Online atau jarang membuat status di sosial media dikarenakan kesibukan Saya menyelesaikan Server-serveran. Lho kok server-serveran sih? yup.. karena hanya menggunakan CPU biasa ditambah dengan Access point.
Sebuah Server bisa dilihat dari sisi Hardware maupun Softwarenya. Jika Hardware-nya berupa PC biasa tetapi Operating System-nya menggunakan OS Server maka boleh lah ini disebut sebuah Server :) . yang ideal tentunya adalah Hardware-nya Komputer Server sebenarya. :)
Setelah Server berhasil di install, selanjutnya Kita tinggal melengkapi server dengan program-program aplikasi berbasis web, misakan aplikasi Chatting, apikasi Forum, aplikasi Blog dan lainnya. Adapun aplikasi yang saya perguanakan sebagai berikut :
  • chatting , menggunakann freechatting
  • forum, menggunakan smf 
  • blog, menggunakan wordpress
  • elearning, menggunakan dokeos
sedangkan fasilitas Download bisa disimpan di folder html di server. untuk tampilan awal server bisa di desain menggunakan html.

Pembuatan server ini meringankan kemudahan pembelajaran berbasis web karena siswa tidak perlu lagi koneksi ke internet, cukup koneksi ke server saja dengan wifi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar