Minggu, 18 Januari 2015

Dunia SMK dimata Rohmat Sarman Petani Karawang

Sahabat inspiratif, bersilaturahim adalah aktvitas wajib saya dalam berkehidupan sosial baik didunia maya maupun di dunia nyata. silaturahim dunia maya akan semakin akrab jika di tindaklanjuti dengan silaturahim nyata.
Melakukan silaturahim tidaklah terbatas dalam satu komunitas saja, seperti yang saya lakukan bersilaturahim dengan komunitas Petani. Saya senang bisa lintas komunitas seperti yang saya lakukan silaturahim dengan tokoh inpsiratif Petani Karawang Kang Haji Rohmat Sarman, pada hari Selasa 13 Januari 2015 bertempat di sekretariat Bale Pare Karawang.
Obrolan semakin menarik karena Beliau Petani yang Cerdas, kenapa tidak karena Beliau bukan Petani biasa, Petani yang bergelar SE dan MSi serta kandidat Doktor dari UPI Bandung !. Ternyata... Petani ini seorang akademisi Dosen UNPAS Bandung.



Pandangan kedepannya terhadap dunia kerja di Karawang adalah mewujudkan Banyaknya berdiri Balai Latihan Kerja yang berbasis di Sekolah-Sekolah SMK yang mempunyai fasilitas layak, hal ini dilakukan untuk menjawab tuntutan kebutuhan tenaga ahli di Karawang. Beliau menyakini SMK mampu bersanding dengan Balai Latihan Kerja Disnaker untuk sama-sama bersinergi. Dalam hal ide lainya Beliau mendorong peningkatan Teknologi Tepat Guna berbasis robotik untuk pertanian. sekolah-sekolah SMK di dorong untuk bersinergi.
Lebih lanjut mengenal sosok Beliau sangat luar biasa terutama dalam mengangkat Citra Karawang di dunia Nasional bahkan internasional. 
Berbagai penghargaan diantaranya :

  • Anugerah Inovasi Jawa Barat Bidang Pangan dari Gubernur dan Pemprov Jabar (2011)
  • Petani Inovator Kabupaten Karawang (2012)
  • Pemenang Program Pengembangan Karya Mandiri Jawa Barat bidang Pangan (2014)
  • Delegasi Food Agriculture Organization (FAO) pertemuan Petani Organik se ASIA di Kamboja (2014)

Beliau mendirikan Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S) Bale Pare Karawang yang telah diakui karyanya dibidang pertanian organik ini. Bale Pare menjadi tempat studi bagi berbagai pihak dari luar Karawang bahkan luar Indonesia untuk melakukan studi pertanian organik ke Indonesia, utamanya ke Karawang. dari luar negeri diantaranya delegasi dari gubernur-gubernur dari negara Namibia, Nepal, Saudi Arabia, Malaysia dan Singapore yang langsung berkunjung ke sekretariat Bale Pare yang ada di Desa Pasirkaliki Rawamerta, Karawang Jawa Barat.
Semoga cita-cita Beliau bisa terwujud. amin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar